Penyebab Kecil-Hati Sulit Makan dan Solusi untuk Menyelesaikannya

Buah-si kecil sulit makan adalah situasi sulit yang kerap dikeluhkan orang tua. Lalu apa sebetulnya penyebab kesulitan anak makan? Bagaimana solusinya dan metode memecahkannya supaya nutrisi bayi Anda terpenuhi?

Pada dasarnya, anak-anak usia pertumbuhan memerlukan nutrisi dan kalori yang sepadan. Hingga umur 10 tahun, buah hati-si kecil membutuhkan 100 kalori per kilogram berat badan. Tapi pada beberapa peluang, kebutuhan kalori ini tidak terpenuhi karena berkurangnya nafsu makan.

Ada sebagian penyebab yang membuat anak sulit makan, termasuk diantaranya.
• Makan camilan padat kalori, sehingga ketika makan tiba si kecil sudah kekenyangan.
• Minum terlalu banyak susu. Walaupun, anak umur 1 tahun tak diharuskan mengkonsumsi susu.
• Bosan makan atau mempersembahkan makanan.
• Anak berada dalam fase ‘negativistik’ atau berlawanan.
• Kecil itu sakit atau sedih.

Berikut ini yakni 5 solusi untuk menangani buah hati-anak cerebrofort

1. Hargailah Nafsu Makan Kecil Anda
Jangan memaksa anak Anda untuk makan makanan tertentu atau makan makanan. Sajikan makanan dalam porsi kecil dan biarkan dia meminta lebih banyak sekiranya Anda tak kekenyangan.

2. Jadikan Makan Menyenangkan
Potong makanan menjadi berjenis-jenis bentuk yang menarik. Sajikan makanan dengan bermacam-macam warna sehingga anak-anak merasa lebih berbahagia dikala makan.

3. Libatkan Kecil-Si Anda
Minta anak-buah hati untuk membantu Anda memilih buah, sayuran, dan makanan sehat lainnya. Kemudian mintalah anak untuk menyiapkan bahan makanan. Ini membuat anak menjadi antusias perihal makanan yang akan ia konsumsi.

4. Berikan contoh
Apa yang orang tua lakukan, buah hati-anak mereka pasti akan ditiru. Seandainya Anda mengonsumsi bermacam makanan sehat, karenanya anak Anda akan mengikuti mereka.

5. Kurangi Distraksi
Matikan layar kaca dan kelengkapan elektronik lainnya selama waktu makan. Ini akan membantu buah hati Anda konsentrasi untuk makan.
Selalu ingat bahwa kultur makan tak dapat diubah dalam satu malam. Tetapi, solusi yang Anda lakukan sekarang dapat membantu mengurangi penyebab anak Anda mengalami kesulitan makan. Semoga si kecil akan lebih menikmati makanannya.

Leave a Comment